Sunday, May 1, 2016

tips memelihara kelinci (khusus pemula)

(TUTORIAL BUKAN SEKEDAR HASIL KOPI PASTA, INI SUDAH KAMI COBA DAN BERHASIL JIKA ANDA TIDAK BERHASIL SILAHKAN TANYAKAN KEPADA KAMI)


sebenarnya ini udah pernah di posting di kaskus beberapa tahun lalu,tapi gak tau kenapa kok ilang dengan sendirinya ya..
langsung aja
ok buat temen temen yang baru aja mau miara kelinci ada beberapa tips yang harus dipersiapkan
1. Kandang
saat kita mau punya kelinci, jangan sekedar beli di pasar trus bawa ke rumah, bahaya..soalnya kelinci tergolong hewan yang gampang stress..jadi pastikan kandang yang layak sudah di persiapkan lebih dahulu.
a. ukuran
0.5 x 0.5 x 0.5m udah cukup kok..kalo b. Alas
sebisa mungkin alas dibuat dari bambu bukan reng kawat, karena mudah karatan dan berpotensi melukai kelinci
c. Penutup
bagusnya sisi kanan kiri belakang di buat juga dengan bambu dengan kondisi agak rapat. Jadi yang agak jarang hanya posisi depan dan bawah, hal ini bertujuan agar kelinci tidak kedinginan.
berikut contoh kandang yang ideal dari gambar kandang.com


sumber

2. JENIS KELINCI
sebagai pemula tentunya kita sering tergiur melihat kelinci hias yang indah dilihat, tapi perlu diketahui biasanya kelinci hias agak gak begitu taham stress dan lebih gampang mati. Dan lebih lagi harganya mahal mas bro.. Jadi untuk pemula jangan belin kelinci hias yang harganya mahal cobalah belin dulu kelinci lokal yanh data tahannya lebih oke. Kalo kelinci lokal kan harga nya murah jadi kalo mati gak rugi rugi amat khan. Selain itu kalo kelinci lokal aja mati di tangan anda apa lagi kelinci impor..pasti tewas dahh, dari pengalaman saya biasanya baru bisa mengurus kelinci setelah "membunuh" 3 ekor kelinci..


sumber

kalo di lihat jenis kelinci yang di pelihara dan skill merawat dan harga kelinci, bisa anda lihat dari diagram dibawah.


3. Usia kelinci
sekedar info. Kelinci baru bisa di sapih pada umur 3 bulan. Jika disapih terlalu cepat akan berpengaruh kepada kesehatan kelinci yaitu kesehatan yang lemah. Gamoang stress dan mudah terserang penyakit. Jadi jangan beli kelinci yang ukurannya terlalu kecil kalo bisa yang ukurannya sedang ya, jangan terjebak pada ke egoisan mata, soalnya tidak di pungkiri kelinci kecil lebih lucu san imut2 (tapi cepet mati)

4.Makanan
jangan coba coba beri makanan sayur sayuran karena ada beberapa kondisi sayuran yang bisa dimakan kelinci. Jadi usakan kelinci di kasih makan pelet kelinci, harganya bervariasi kok, ada yang 8000/kg sampe 100.000/kg, pilihbyang sesuai dengan kemampuan anda. Kalo anda sudah "improve skills" baru deh bisa ngasih sayuran ya.

5. Pengetahuan
update info tentang jenis kelinci, pemberi makan kelinci, penyakit penyakit kelinci dan cara mengobatinya. Sebagai persiapan kalo anda mau miara kelinci hias yang lebih ciamik dan mahal.

ikuti 5 langkah di atas dengan seksama ya. Jangan dikurang kurangin atau di lebihin. Kalo anda bisa memelihara kelinci selama sebulan baru anda "dirasa" sudah layak untuk membeli kelinci hias yang harganya lebih tinggi dikit. Rekomendasi saya beli kelinci jenis dwarf atau rex yang punya daya tahan tubuh lebih ok.
sekiam tips dari saya selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment