Tuesday, May 10, 2016

Penipuan Berkedok Tanki air Penguin

Assalamualaikum
salam sejahtera semua

Tulisan kali ini seputar pengalaman saya yang kena tipu sesama teman blogger yang page nya menjual Tandon air Penguin

        wajar seorang pembeli jika menginginkan harga yang lebih murah. sebagai anak masa kini yang tidak bisa lepas dari internet, otomatis browsing harga yang paling murah di dunia maya. sekedar info disini saya sedang mencari Tandon air untuk cadangan air dirumah.
      dimulai dengan saya mencari harga tandon dengan merk tersebut yang terkenal kuat dan anti lumut, ahaaaa...saya ketemu kisaran harganya di sebuah website yang menyediakan harga tanki tersebut, tapi sayangnya website tersebut hanya menyediakan info bukan barang.
cari lagi dengankata kunci dikaya begini :



      kalo diliat blognya kelihatan ok banget..walaupun postingnya gak update..setelah baca saya tergiur dengan harga yang ditawarkan, karena harganya sama dengan website yang saya liat sebelumnya dari blogini jugalah saya mengetahui "wahyu sanjaya". sebelum memutuskan untuk menelpon wahyu sanjaya saya coba lihat lihat di berbagai macam website, termasuk mengecek nama wahyu sanjaya sebagai bahan referensi. ternyata banyak website yang menampilkan nama wahyu sanjaya, termasuk di blogger dan situs jual beli lainnya. saya masukkan juga keyword "wahyu sanjaya penipu" hasilnya bersih bersih aja, gak aya yang menyebutkan secara jelas. lantas saya menyimpulkan bahwa "ini penjual beneran, gak mungkin tipu tipu soalnya dimana mana ada, dan tidak ada pengaduan atao testimonial penipuan.



KRONOLOGI PENIPUAN

4 Mei 2016

  • saya menelpon wahyu sanjaya dan menanyakan harga tanki penguin 650 L, 
  • dia menjawab harga sama seperti di blog 800K tapi dengan biaya kirim dari kapuk muara ke bekasi sebesar 200k jadi total 1000k. 
  • saya stuju secara di matrial harganya sekitar 1300k, niat hati lomayan untung 300k.
  • dia minta langsung dilunasi, tapi saya gak mau dan saya hanya mau bayar dp 300k dengan nada "agak keberatan" tapi dia menyetujui dan setelah saya tranfer barang akan di antar jam 4 sore. lalu dia memberikan no rekening bank bukopin: 7710022501 atas nama dani hasan.
  • saya bertanya kenapa "kenapa dani hasan, bukan wahyu sanjaya", lalu diam menjawab "karena transaksinya dibawah 1 juta". saat itu gak ada kecurigaan sama sekali (hebat ya).
  • saya coba transfer melalui sms banking ke rekening tersebut tapi anehnya gak bisa di transfer dengan menyisakan pesan "90 - transaksi tidak dapat di proses karena koneksi terputus. silahkan coba beberapa saat lagi". saya coba berkali kali, tapi pesannya sama, padahal koneksi gak ada masalah, dia lalu menyarankan transfer pake atm.
  • lalu saya kabarkan kepada "wahyu sanjaya", bahwa transaksinya gak bisa dilakukan, silahkan barangnya dikirim saja nanti saya bayar lunas, dan saya pun mengirimkan alamat saya.
  • jam 3 sore dia mengabarkan bahwa barang tidak bisa dikirim hari ini (4mei 2016), karena karyawan sudah pada pulang karena besoknya libur panjang (5 - 8 mei 2016, isa almasih, isra mi'raj, sabtu, minggu), palingan bisa dikirim hari senin (9 mei 2016). karena info itu saya mengurungkan niat saya ke atm selain alasan lagi males gerak.
  • akhirnya saya memutuskan untuk menunggu sampai hari senin
9 Mei 2016
  • again, saya menghubungi wahyu sanjaya dan meminta untuk mengirim barang
  • dia menjawab bisa dilakukan pengiriman pada jam 14.00, dan dia minta dana dp di transfer.
  • saya mencoba dengan sms banking, namun gagal seperti sebelumnya dengan menyisakan pesan yang sama, akhirnya saya ke ATM, gak tau kenapa kok di transfer dari atm dan "transaksi berhasil". uang 300k akhirnya terkirim ke rekening dani hasan sampai saat ini saya juga masih bertanya tanya "kok bisa ya?pake sms banking gagal, tapi pake atm bisa?" (mungkin ini peringatan awal tapi saya tidak menyadarinya)
  • saya mengabarkan ke wahyu sanjaya bahwa transaksinya berhasil, dan dia memberikan alamat imel agar saya mengirimkan buktinya : PTPenguinindonesia@gmail.com, dan saya lakukan. dia pun mengabarkan bahwa barang akan dikirim jam 2 sore dan menanyakan alamat sekali lagi untuk memastikan penulisan di surat jalan.
  • saya menunggu dari jam 2 sore sampe jam 10 malam dan akhirnya saya menutup pintu saya. karena udah saya telfon juga ke nomor "wahyu sanjaya" tapi gak nyambung nyambung, hufffck...mungkin udah jam pulang kantor kali (dalam hati), ato mungkin saya ketipu fffck.
10 Mei 2016
  • saya mencari apakah ada website resmi PT Penguin, setelah merubah beberapa kata kunci akhirnya ketemu: walaupun anehnya dibeberapa kata kunci website resmi PT penguin kalah pamor di search engine ketimbang website versi tipu:

  • ini dia website resmi PENGUIN GRUP: http://www.penguin.co.id , di wesite ini pula saya mencari no costumer service nya...hoala..KETEMU...http://www.penguin.co.id/who/location.html
  • saya telfon PT Penguin dan menceritakan kejadian yang menerpa saya (asik bahasanya "menerpa" kaya maung aja), lengkap dengan website bodong, no rekening, dan nama wahyu sanjaya.
  • PT Penguin menjelaskan bahwa mereka tidak punya distributor dengan nama wahyu sanjaya dan dani hasan. sudah banyak juga yang melaporkan dan dapat dipastikan ini adalah PENIPUAN.
  • saya pun membuat masukan agar ada publikasi mengenai hal ini, pihak PT Penguin pun menerima walau saya tidak tahu dilakukan atau tidak.
  • saya pun menelfon bank bukopin tentang kelakuan "nakal" nasabahnya ini, dan mereka berkata jika hal ini bisa dibuktikan maka rekening tersebut bisa di bekukan. saya berdoa "semoga saja bukan hanya di bekukan tuh rekening skalian orangnya juga di tangkap"
  • saya pun menyadari kalo ini penipuan dan akhirnya saya membeli tandon di matrial. ini lah yang di sebut nge to the he'

Keanehan dari kasus ini
  1. biasanya penipu itu gonta ganti nomor tapi kok "wahyu sanjaya" ini bisa ya, gak ganti ganti nomor hp, sesuai dari blognya yang updatean tahun 2015. apa mungkin panggilan saya di divert/di alihkan ke no lain atau dia update no hp di blognya jadi seakan akan dia tidak ganti nomor?
  2. kok bisa ya transfer uang gagal pake sms banking tapi berhasil dimesin ATM?
  3. kok bisa ya website resmi kalah pamor sama blog abal abal?
KESIMPULAN
  1. website resmi PT penguin adalah http://www.penguin.co.id dan seandainya melakukan transaksi uang tidak pernah menggunakan rekening atas nama pribadi.
  2. website yang benar tidak selalu lebih tenar
  3. siapapun anda yang mengaku sebagai "wahyu sanjaya atau dani hasan" anda adalah penipu, semoga blog ini dapat membantu agar tidak ada lagi orang yang tertipu.
  4. jangan memberikan dp apalagi melunasi pembayaran jika anda melakukan pembelian di internet, kecuali anda melakukan pembelian di website jual beli yang iklannya ada di TIPI atau televisi.
  5. bertransaksi lah dengan teliti kalo ingin lebih aman belilah di website jual beli yang sudah ternama.
  6. berikut web palsu wahyu sanjaya:
      7. sepertinya ada juga yang kena tipu selain saya, baru ketemu link nya (kampret kenapa gak dari           kemaren) ini dia link nya

       sekian postingannya semoga teman teman gak ada yang kena tipu. mohon maaf dan terima kasih kepada Penguin Grup, mohon maaf kalo ada salah salah kata saya menerima masukan (kalo ada) dan bank BUKOPIN semoga laporan saya di Follow up lebih lanjut.

wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh
selamat malam

2 comments:

  1. Dear gan, gw juga baru kena tipu dari website itu... 600 ribu lagi,padahal gw udah browsing g ada masalah ternyata penipu, kenapa pas udah ketipu baru dapet tulisan lw gan....buat yanga larn hati-hati buat website yang satu ini https://penguintankindonesia.wordpress.com/

    ReplyDelete
  2. waduh broo/sis..
    masih alhamdulillah tuh...ada yang sampe ketipu 9 jt

    ReplyDelete